Minggu, 04 Maret 2012

Harapan yang Menyala



“Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia…” itulah potongan lirik Laskar Pelangi, sebuah lagu dari Andrea Hirata yang memberikan inspirasi bagi seseorang  dari kota Lembang. Bermodalkan syukur kepada-Nya, tekad yang kuat dan hasrat untuk terus kerkarya, sampailah di sebuah negara persatuan dari tujuh Emirat yang kaya akan minyak bumi , Uni Emirat Arab. 
                             
 Minggu, 15 Januari 2012, waktu untukku  terbang, melayang di atas  jamrud khatulistiwa yang membentang. Di seat 22A QR 673 Lembaran jurnal dan secangkir kopi hangat menemani malam, seakan-akan bersama-sama mempersiapkan presentasi di konferensi Abu Dhabi lusa nanti.

Senin pagi sampailah di tempat tujuan, hawa musim dingin menyapa tetapi sambutan hangat  Kedubes Republik Indonesia lebih terasa. Tak berlangsung lama ku diantarkan ke Al-Ain sekitar dua jam dari Abu Dhabi, rumah saudara dari Fauzia Rahmah, teman satu jurusan di Universitas Padjadjaran. Dari rumah itulah, persiapan untuk menjalankan misi utama dirangkai.

Hari selasa, hari pembukaan acara, berlangsung dari pagi sampai sore dengan para dari disiplin ilmu yang homogen, Islamic Marketing Studies. Satu demi satu para presenter di lebih dari 12 negara di dunia memberikan presentasinya. Sebanyak 88  Paper versi bahasa inggris telah menjadi bagian acara yang dinantikan disetiap sesinya. Di ball room yang begitu nyaman aroma opini dan diskusi bersahutan, diselingi oleh coffee break yang hangat nikmat, nuansa formal menjadi rileks namun tetap substansial.

Akhirnya tibalah saatnya dengan berdebar-debar, Paper berjudul “The Respon of Muslim Women Towards Trends in Hijab Style in Indonesia”, karya Muhammad Arriza Pasha, Deden Amwar dan Arimbi Mardilla Ashany  dipresentasikan. Ucapan basmallah menjadi senjata andalan, bahan-bahan lengkap ditangan, dan microphone telah berdiri dihadapan. Selama 15 menit penyampaian materi dan waktu 5 menit tambahan untuk diskusi, dengan pertanyaan dari dua orang audience. Alhasil Sesi yang dihadiri oleh Doktor dan Profesor dari Universitas di berbagai negara ini Alhamdulillah mendapat sambutan yang baik dan ditutup dengan tepuk tangan yang meriah. Alhamdulillah.

The 2nd Global Islamic Marketing Conference itulah acara yang menjadi tujuanku, sebagai delegasi dari Islamic Studies of Economics Group  (ISEG) FEB Unpad.  Konferensi yang diselenggarakan oleh United Arab Emirates University yang berlangsung di Hotel  Park Rotana  Abu Dhabi, dari tanggal 17-18 Januari 2012. Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dalam hidup, pentingnya ilmu, nilai kerjasama dalam cita-cita, kedisiplinan, taat peraturan, dan bahu-membahu menggapai impian, adalah hadiah terindah dalam perjalanan ini.

Terima kasih untuk Allah SWT yang terus memberikan keajaiban, Keluarga yang selalu mendoakan, FEB Unpad yang selalu memberikan dukungan , dan PPSDMS Nurul Fikri yang tiada henti memberikan inspirasi. Secara khusus untuk ISEG FEB Unpad, dua kali pengembangan eksponensial disematkan kepada diri ini,  Asa dan Bea dua rekan yang luar biasa memberikan makna pengorbanan serta perjuangan, tidak lupa kepada Tyas, Dian dan Ulil kalianlah salah satu jalan yang membuat jiwa ini terbang melayang.

Tetap istiqomah, ikhlas, dan mari tebarkan manfaat, semata-mata  demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar